By | Juli 16, 2019
SEPERTI halnya kendaraan yang lain, kendaraan beroda empat pun memerlukan materi bakar. Bahkan mungkin, materi bakar yang diharapkan oleh kendaraan beroda empat ini jauh lebih banyak daripada yang lain. Bila sekarang banyaknya pengguna kendaraan beroda empat yang sering mengisi materi bakar tanggapan boros dalam penggunaannya, maka pengguna kendaraan yang lain mungkin akan kecewa. Karena mereka pun mempunyai hak yang sama dalam memperoleh materi bakar.
Oleh alasannya itulah, bagi Anda pengguna mobil, cobalah menghemat dalam penggunaan materi bakar. Selain sekarang harga BBM telah meningkat, ketersediaan materi bakar pun akan cepat habis bila sering digunakan. Hingga kita akan sulit untuk menemukan materi bakar lainnya.
Cara yang baik dalam berkendara ialah mengemudi secara hemat (Eco Driving) supaya konsumsi BBM kendaraan beroda empat tidak terlampau tinggi. Berikut ada beberapa tips supaya kendaraan beroda empat langsung Anda hemat materi bakar.
1. Kurangi penggunaan kendaraan beroda empat Anda
Tahukah Anda bahwa kendaraan lebih boros dan lebih mengeluarkan lebih banyak polusi pada ketika dinyalakan dan dikendarai dengan jarak yang pendek. Alasannya, bahwa catalytic converter (yang mengurangi emisi polusi udara) tidak beroperasi dengan baik hingga mesin benar-benar hangat. Nah, perjalanan kurang dari 5 Km umumnya tidak memungkinkan mesin untuk mencapai suhu operasi puncaknya.
Oleh alasannya itu, hindarilah memakai kendaraan beroda empat ketika Anda hendak menempuh perjalanan dengan jarak pendek. Gunakan sepeda atau bahkan jalan kaki, yang terperinci menunjukkan manfaat pada kebugaran Anda.
2. Jangan panasi kendaraan beroda empat terlalu lama
Kebiasaan pengendara di Indonesia ialah mereka selalu menghidupkan mesin untuk beberapa ketika sebelum memakai kendaraan beroda empat mereka. Kegiatan ini, memang diharapkan bagi kendaraan keluaran lama, namun sudah sanggup ditinggalkan di jenis kendaraan keluaran terbaru.
Kegiatan yang umum disebut memanaskan mesin kendaraan beroda empat ini sendiri sanggup menjadi salah satu penyebab materi bakar terkuras dari tangkinya. Hal ini sanggup terjadi jikalau pengguna memanasi kendaraan beroda empat terlalu usang atau dengan menginjak pedal gas dalam-dalam.
3. Atur putaran mesin
Ketika sudah mengendarai mobil, ketangkasan pengemudilah yang menjadi penentu hemat atau borosnya sebuah kendaraan mereka. Salah satu cara efektif untuk menghemat konsumsi BBM ketika berada di jalan ialah dengan mengatur putaran mesin dengan memasukkan gear di ketika yang tepat. Melaju dengan putaran mesin terlalu tinggi atau rendah secara konstan tentu akan menciptakan konsumsi materi bakar jadi mengucur deras. Putaran mesin ideal ketika berkendara ialah sekitar 3.000 rpm.
4. Kendarai kendaraan beroda empat dengan gigi yang tepat
Mengendarai kendaraan beroda empat dengan gigi rendah akan menciptakan kendaraan beroda empat Anda menjadi lebih boros materi bakar. Sementara membiarkan kendaraan beroda empat Anda berada pada top gear ketika melintasi daerah berbukit/menanjak juga menghambur-hamburkan materi bakar yang ada di dalam tangki mobil.
Jika kendaraan beroda empat Anda bertransmisi manual, segera pindahkan gigi sesudah kendaraan beroda empat nyaman dengan gigi yang lebih tinggi, tapi tanpa berakselerasi berlebihan pula.
5. Berkendaralah dengan halus
Upayakan untuk mengemudi dengan kecepatan yang konstan lantaran kendaraan beroda empat akan jauh lebih efisien dan sedikit mengeluarkan polusi. Hindari berpergian pada jam-jam sibuk dan hindari pula jalanan-jalanan yang padat.
Semakin sering Anda menginjak pedal gas, maka semakin banyak pula bensin yang berkurang. Kendarai kendaraan beroda empat dengan jarak yang pas dengan kendaraan lain di depan Anda, sehingga Anda sanggup mengantisipasi jikalau kendaraan beroda empat itu berubah arah secara tiba-tiba.
6. Hindari membawa barang-barang yang berat
Untuk sanggup lebih meminimalkan penggunaan materi bakar pada kendaraan beroda empat tersebut. Sebaiknya hindari dari membawa muatan yang berlebihan supaya ini tidak berefek pada penggunaan materi bakar yang lebih tinggi. Seperti juga memakai roof rack di atas kendaraan beroda empat tersebut, juga sanggup meningkatkan kendala angin yang lebih tinggi disekitarnya.